5 Tempat Menarik di Batam, Indonesia

 

5 TEMPAT MENARIK DI BATAM, INDONESIA

WAJIB DIKUNJUNGI

 


Batam merupakan sebuah pulau kecil di Indonesia yang semakin popular di kalangan pelancong Malaysia dan Singapura kerana kos percutian di sana yang murah dari segi hotel dan makanan. Kedudukannya tidak begitu jauh dari Malaysia iaitu cuma 25 kilometer dari Johor. Hanya dengan menaiki bot, tak sampai 2 jam, AlongMurni (AM) dah sampai ke sana.

 

Pulau seluas 45 kilometer persegi dengen kepadatan penduduk berjumlah satu juta orang ini merupakan laluan masuk ke kepulauan Riau. Di Pulau Batam, kita boleh menghabiskan masa di tepi pantainya yang indah, jalan-jalan melihat keindahan alam, sambil makan makanan laut yang segar dengan harga yang murah.

 

Terdapat banyak tempat menarik di Batam yang boleh kita lawati. Istimewa buat semua, jom AlongMurni (AM) kongsikan 5 tempat menarik di Batam yang menjadi tumpuan pelancong dari Malaysia dan Singapura.

 

JAMBATAN BARELANG


Jambatan Barelang ialah di antara jambatan yang paling penting di Batam kerana ia berfungsi untuk menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jangan lepaskan peluang untuk bergambar di atas jambatan ini. Pemandangannya sangat indah.


Jembatan Balerang ini sesungguhnya adalah dijadikan untuk penghubung antara 2 pulau, yakni Pulau Batam dan Pulau Galang. Namun Jembatan tersebut akhirnya dijadikan ikon dari Kota Batam oleh para pengunjung, karena selalu ramai untuk dikunjungi karena indahnya pemandangan dari atas jembatan.


Di sini AM dapat bersantai melihat keindahan laut sambil ditiup bayu laut yang mengasyikkan. Memang indah dan mengasyikkan.

 

MONUMEN ‘WELCOME TO BATAM’



Monumen Welcome to Batam termasuk Landmark Ikonik di Bukit Clara yang menarik dikunjungi berkunjung saat berada di Kota Batam. Berfoto dan menikmati pemandangan sekitar yang menawan merupakan hal wajib jika berkunjung ke Batam.


Tulisan yang sudah menjadi landmark Kota Batam ini dibuat dengan memiliki tujuan yang difungsikan sebagai penyambut orang-orang yang baru saja sampai di Kota Batam. Bukan hanya sekedar digunakan untuk sambutan yang megah dan hangat, tulisan ini juga menjadi tolak ukur bahwa warga Kota Batam sangat ramah dan mengalu-alukan kepada para pengunjung ke Kota Batam.


Ukuran untuk keseluruhan tulisan ini dari huruf W sampai M memiliki panjang kurang lebih 120 meter dengan ukuran tinggi 10 meter. Landmark Kota Batam ini berada pada ketinggian 52 meter di atas permukaan laut. Tiap huruf tersebut mencapai sekitar 4,5 ton dan yang paling ringan sekitar 3 ton.


Oleh karena itu, Pemerintah Kota Batam juga membuat aturan yang berisi larangan supaya tidak membuat bangunan yang tingginya melebihi tulisan Welcome to Batam tersebut.

 

MUSEUM RAJA ALI HAJI




Museum Raja Ali Haji di Dataran Engku Putri, Batam memiliki keunikannya sendiri. Bukan hanya benda bersejarah, namun bukti bukti gamabr dan tinggalan sejarah hingga peradaban melayu kita lihat.


Pertama kali tiba, AM dapat melihat sebuah lempengan besar mirip daun sirih. Inilah yang disebut Cogan. Salah satu alat kebesaran atau regalia yang dimiliki Kerajaan Johor Riau Lingga Pahang yang pada hari ini wilayahnya mencakup Kepulauan Riau, Riau, Jambi sampai ke Malaysia dan Singapura. 



Cogan adalah sebuah tombak simbol kebesaran kerajaan yang diwarisi hingga tahun 1913 sebelum keruntuhannya oleh Belanda  dimasa Kesultanan Sultan Abdulrahman Syah. Pada kedua belah bagian sisi Cogan terdapat ukiran tulisan timbul dalam lambang huruf arab menggunakan Bahasa Melayu (Arab Melayu). 


Di Museum Raja Ali Haji, AM dapat melihat foto-foto masa kepemimpinan Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau pernah memimpin pentadbiran Batam selama 20 tahun dari 1978 hingga 1998. 

 

BP BUNDARAN BATAM



Tidak jauh dari Museum Raja Ali, terdapat BP Bundaran Batam yang sekarang dikenal BP Batam. Cuma mengambil masa 5 minit perjalanan.


Uniknya di sini kerana tersimpam memori 3 pemimpin dari 3 buah negeri iaitu Soeharto, Pemimpin Indonesia, Lee Kwan Yew, PM Singapura dan Tun Mahathir, Pemimpin dari Malaysia yang pernah menjejakkan kakinya di sana dengan menanam pohon Beringin dan dibuatkan Tanda Peringatan Memorial ketiga-tiga pemimpin ini.

 

PANBIL NATURE RESERVE



PANBIL NATURE RESERVE, kawasan hutan ditengah kota seluas 207 hektar yang memiliki biodiversitas khas hutan dataran rendah memiliki beragam kekayaan flora dan fauna yang dapat dinikmati oleh pengunjung.


ECO EDU sebagai medium pendekatan pengetahuan alam yang ditujukan. Menelusuri rasa ingin tahu setiap sudut alam akan jadi pengalaman membaca dengan berbagai teka-teki unik.


Panbil Nature Reserve menawarkan pilihan terbaik untuk mengenal dan menikmati keindahan alam secara langsung. Mengunjungi setiap bahagian yang memiliki keunikan tersendiri, aktivi mendaki ,berkemah hingga rekreasi keluarga dan rakan-rakan merupakan kenangan yang terindah.


Mulai dari area pintu masuk AM dapat mengeksplorasi beberapa spot di area khusus haiwan, seperti taman Rusa, Sangkar burung, kandang merak putih dan kolam ikan koi terbesar di kota Batam. Di tempat ini pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan haiwan dan memberi makan tetapi masih dalam pengawasan petugas.


Setelah penat melakukan aktiviti, AM dapat singgah ke The Artrium yang menerapkan konsep one stop venue untuk menjamu selera, mulai dari coffee shop, restoran hingga gerai ais krim.


Panbil Nature Reserve buka setiap hari dengan jadual sebagai berikut:


Waktu Operasi:
Hari Biasa: 10.00 – 18.00
Sabtu, Minggu & Hari Cuti: 09.00 – 18.00


Panbil Nature Reserve, Eco Edu Park – Jl. Ahmad Yani, Muka Kuning, Kec. Batam Kota, Batam.

 

Post a Comment

1 Comments

  1. Memang seronok jalan-jalan ke Batam. Sayangnya hari tu LeYa tak sihat. Jadi, tidak berpeluang untuk turut serta bersama korang nikmati pemandangan cantik di sana.

    ReplyDelete